Kelompok-Kelompok PKK


Untuk membantu Tim Penggerak PKK Kelurahan dalam melaksanakan pembinaan, penggerakan, dan fasilitasi kepada masyarakat, maka di bawah Tim Penggerak PKK Kelurahan dibentuk Kelompok-kelompok PKK berdasarkan kewilayahan dan kegiatan sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Kewilayahan :
    1. Kelompok PKK RW
    2. Kelompok PKK RT
    3. Kelompok dasawisma
  2. Berdasarkan Kegiatan,

yaitu kelompok-kelompok yang dibentuk untuk pelaksanaan suatu kegiatan, seperti: majelis taklim, rukun kematian, Kejar Paket A/B, Pokpel UP2K, posyandu, dan lain sebagainya.

Pada tahun 1978 melalui Lokakarya Pembudayaan PKK di Jawa Tengah, disepakati 10 Segi Pokok PKK menjadi 10 Program Pokok PKK. Untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga maka keluarga perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Pemberian bekal tersebut dilaksanakan antara lain melalui Gerakan PKK yang keberadaannya tersebar di seluruh Indonesia .

Keberhasilan Gerakan PKK dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga telah diakui oleh masyarakat, bahkan mendapat penghargaan dari lembaga-lembaga internasional (WHO, Unicef, Unesco, dan sebagainya). Dalam TAP MPR Nomor : IV/MPR/1983 tentang GBHN telah ditetapkan bahwa PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) adalah salah satu wahana untuk meningkatkan peranan wanita dalan upaya menyejahterakan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar